Selasa, 06 Maret 2012

How do we connected to internet?

Internet merupakan jaringan komputer yang saling terkoneksi. Oleh karenanya supaya komputer kita bisa terhubung kedalam internet maka harus dilengkapi persyaratan sebagai berikut:


1. Dukungan hardware

a. Seperangkat PC lengkap dengan spesifikasi minimal sebagai berikut:
- CPU atau disebut juga dengan processor, minimal Pentium I yang mempunyai prekuensi 100 MHz disarankan lebih tinggi lebih baik, dan apa bila lebih rendah maka itu berpengaruh pada proses kerja komputer akan lambat.

- RAM (random acces memory)atau disebut juga memori, minimal menggunakan 16 MB (mega byte) tetapi bagus nya lagi 32 MB dan disarankan 64 MB, bila lebih tinggi maka lebih bagus untuk kerjanya komputer akan lebih cepat lagi.

- Hard disk, sebagai tempat menyimpan program-program komputer baik itu program system, aplikasi, browser atau program pendukung dalam internet. Dan harddisk juga dapat untuk menyimpan file-file yang diambil (download) dari internet. Hard disk minmal 800 MB lebih tinggi lagi lebih baik, dan bila kita menginginkan penyimpanan data lebih cepat lagi gunakan harddisk SCASI yang rpm nya 7200 yang mempunyai kapasitas 20 GB bahkan sekarang banyak yang lebih besar lagi.
 
b.  Modem (modulasi demodulator), yang berfungsi untuk merubah sinyal digital kesinyal analog dan sebaliknya untuk merubah dari sinyal analog ke sinyal digital. Modem dibagi menjadi dua macam, ada modem Internal dan ada modem eksternal. Modem internal adalah modem yang dipasang dalam motherboard dangan cara ditancapkan pada card yang tersedia. Sedangkan modem eksternaladalah modem yang dipasang diluar CPU dengan menggunakan soket USB atau COM 1.

c. Telepon, Modem memerlukan telepon untuk melakukan tugasnya. Proses pada saat modem terhubung dengan telepon dan anda memulai hubungan dengan Internet Service Provider pada dasarnya sama dengan proses anda menelepon biasa.

2. Dukungan software

a. operasi dalam komputer yang dapat mengaktifkan dan mendeteksi semua perangkat-perangkat yang terhubung dalam komputer baik hardware maupun software. Sistem operasi yang dapat digunakan untuk internet diantaranya Windows 95, Windows 98, Windows ME, Windows 2000, Windows NT, Windows 2003, Windows Xp, Windows Vista, Windows 7,Linux,Unix, Macintos, dan lain lain.

b. Program Browser

program inilah yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan internet dan yang dapat membuka halaman-halaman web dalam internet. Browser disebut juga web browser. Contoh program browser adalah: Internet Explorer, Mozilla, Netscape Navigator, Opera, Google Chrome,Linx, Mosaic dan lain-lain.

c. Program AntiVirus, ini berfungsi untuk mencegah dan meminimalisir masuknya virus kedalam komputer kita dan sekaligus membersihkan virus dalam komputer kita. Contoh program antivirus antara lain Symantec Norton Antivirus, Kaspersky Antivirus, Panda Antivirus, dll.

3. Dukungan network


Ada beberapa cara agar kita dapat terhubung dengan internet, yakni dengan Dial-Up Access, DSL(Digital Subscriber Line), Integrated Services Digital Network (ISDN), ISP (Internet Service Provider). Berikut akan diuraikan mengenai cara-cara agar kita terhubung ke Internet.
 

a.  dengan cara Dial-Up Access, dengan menggunakan Modem (Modulator Demodulataor) yang terpasang dalam komputer anda, dihubungkan ke jalur telepon untuk koneksi ke Internet.


b. dengan cara DSL (Digital Subscriber Line) adalah teknologi untuk Bringing informasi High-bandwidth untuk Homes and Small Businesses melalui jalur kabel telepon. Kecepatan sampai 6.1 Megabits (Millions of Bits) Per Second (of a Theoretical 8.448 Megabits Per Second )
 

c. melalui jalur telepon. Halaman Web arriving very quickly (up to 128 Kbps). ISDN requires adapters at both ends of the transmission so your access provider also needs an ISDN adapter.

d. dengan cara ISP (Internet Service Provider) layanan jasa internet
ISP merupakan sebuah perusahaan yang menawarkan jasa layanan kepada kita untuk terhubung dengan internet. Untuk mengakses kita hanya cukup menghubungi ISP melalui komputer dan modem, selanjutnya ISP akan mengurus secara detail yang diperlukan untuk terhubung ke internet termasuk sistem pembayarannya. 


ilustrasi internet


Beberapa ISP yang sering digunakan di Indonesia adalah sebagai berikut:

1. WasantaraNet http://www.wasantara.net.id/ (sarana akses internet yang disediakan oleh PT POS Indonesia
2.   Indosatnet http://www.indosat.net.id/
3.   Telkom Multi media http://www.telkom.net.id/
4.   Pacific Link Indonesia http://www.pacific.net.id/
5.   Centerin Internet http://wwwcentrin.net.id/
6.   Spotnet http://www.spotnet.id/
7.   CBN http://wwwcbn.net.id
8.   Indo.net http://www.indi,net.id/
9.   Visionnet http://www.vicion.net.id/
10. Link net http://www.link.net.id/


1 komentar: